Jumat, 23 April 2010

LTE 4G Segera Libas WiMAX?

Peperangan antara LTE (Long Term Evolution) dan WiMAX semakin berat, dan kans LTE sepertinya akan menang, mengingat kemampuan teknologi mobile broadband 4G yang dimilikinya, diproyeksikan di tahun 2013, LTE akan memiliki 5 kali lebih kuat dibandingkan sang juara Intel, kompetitornya. Menurut yang dilaporkan Juniper Research, perusahaan mobile market watcher di Inggris, memperkirakan bahwa pendapatan yang diperoleh dari pelanggan LTE di seluruh dunia mencapai $70 miliar di tahun 2014 mendatang.

Sedangkan secara kontras, Juniper Research juga memprediksikan pendapatan yang rendah untuk WiMAX yang mencapai $15 miliar di periode yang sama, turun dari pencapaian di tahun 2008 yakni $20 miliar. Sementara masih menurut Juniper Research, Amerika Utara, Eropa Barat, dan daerah Timur juga China akan menempati 90 persen pengguna LTE di tahun 2014, dengan area yang sama pula WiMAX akan menempati pasar sebesar 70 persennya di frame time yang sama pula.

WiMAX sendiri memiliki pendapatan sebesar $4 miliar untuk bisnis di Afrika, Timur Tengah, Amerika Selatan, India, dan Eropa Timur. Dalam acara Mobile World Congress di Barcelona, dukungan kuat untuk LTE telah diumumkan oleh beberapa perusahaan besar seperti Alcatel-Lucent, US mobile leader Verizon, dan sebagainya. Hal ini kemudian memaksa WiMAX sedikit ‘memohon’ kepada provider Clearwire untuk tidak melepaskan WiMAX. Sementara Sprint sendiri masih berkutat dengan WiMAX dengan menawarkan ke 22 juta penggunanya di US di akhir tahun 2010.(h_n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar